Home / Berita Jabar / Asep Noordin : Program Pemerintah Kabupaten Pangandaran Melampaui Target

Asep Noordin : Program Pemerintah Kabupaten Pangandaran Melampaui Target

Pangandaran, Faktualjabar.com – Pemerintahan daerah merupakan penyelenggaraan daerah dalam melaksanakan pembanguan di berbagai sektor diwilayah kabupaten, terlihat dari berbagai pelayanan kepada masyarakat, penyelenggaran roda kepemerintahan, fasilitas baik infrastruktur, Kesehatan, Pendidikan, perizinan usaha UMKM maupun hal lainnya.

Penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas – luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang dibantu oleh Perangkat Daerah.

H. Asep Noordin, MM selaku Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, menyampaikan bahwa program pembangunan di Kabupaten Pangandaran telah melampaui target. Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2021 menjadi Peraturan Daerah (Perda), ungkapnya setelah paripurna penetapan persetujuan DPRD di ruang rapat paripurna, Selasa (22/9/2020).

Anggaran tahun 2021 merupakan capaian dari RPJMD Kabupaten Pangandaran tahun 2016 – 2021 yang artinya kebijakan politik anggaran tahun 2021 merujuk kepada RKPD yang merupakan capaian RPJMD. Tentunya ini tertuang dalam visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati minimal yang tercapai, bahkan melampaui target.

“Salah satu kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran dalam penyelenggaraan di bidang kesehatan ini sudah sesuai dengan perencanaan visi dan misi Kepala Daerah. Tinggal bagaimana para steak holder khususnya Dinas Kesehatan terus melakukan evaluasi dan mendorong dalam peningkatan kualitas pelayanan, penyediaan obat – obatan dan fasiltas lainnya terutama fasilitas medis di masing – masing puskesmas dan Rumah Sakit. Ada yang perlu menjadi skala prioritas ke depan di bidang kesehatan,” paparnya.

Di sektor Infrastruktur pembangunan juga sudah selesai dengan lebih mudahkan masyarakat melakukan aktifitas kegiatan perekonomian lebih mudah, tata pengelolaan obyek wisata pantai pangandaran pun sekarang sudah nyaman bagi para pelancong atau wisatawan.

Untuk sektor Pendidikan dirasakannya sudah sesuai dengan apa yang semua kita harapkan yaitu pendidikan gratis bagi para siswa, bahkan program Pendidikan Pangandaran Juara yaitu Pendidikan keagamaan “Ajengan Masuk Sekolah”. Pendidikan gratis khusus keagamaan diberikan porsinya sama dengan sekolah umum guna membentuk karakter kepribadian siswa dalam beraqidah dan berakhlaqul kharimah.

“Adapun untuk program subsidi bagi siswa yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang Perguruan Tinggi juga sudah terealisasi dan program Pangandaran Mengaji pun harapan ke depannya juga bisa lebih ditingkatkan dengan Magrib Mengaji,” jelasnya.

Lanjutnya dikatakan Asep Nordin, untuk program kepemudaan dan olahraga, dirinya mendorong agar Pememerintahan daerah bisa melihat peluang potensi masyarakat yang berprestasi di salah beberapa cabang olahraga dan memberikan perhatian lebih kepada para atlet – atlet yang sudah ada, sehingga para atlet ini bisa lebih berprestasi. Sebagai bahan evaluasi Pemerintahan daerah kita melihat pada tahun sebelumnya Pemda tidak memberikan bantuan akomodasi transfortasi kepada para atlit Cabor padahal banyak para atlit yang masuk Porda. Tentunya jika diberikan anggaran kepemudaan dan olahraga akan lebih banyak lagi prestasi atlet – atlet dan menarik animo para olahragawan yang berpotensi di Kabupaten Pangandaran. Di kepemudaan tentunya medorong juga Karang Taruna untuk diberikan ruang berekspresi, berkreasi dan berimprovisasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dari kepemudaan tersebut.

“Opsi ataupun solusi bisa disiasati salah satunya sebagai contoh apabila Pemda masih terkendala dalam mengalokasikan anggara bisa mengalihkan beberapa pembelian kendaraan dinas untuk Ketua DPRD demi peningkatan kapasitas para atlet dan mengdorong animo olahragawan ke depan,” tutur Asep secara lugas.

Sementara untuk itu untuk sektor Pariwisata ini paling seksi di Kabupaten Pangandaran, tentunya potensi alam yang asri, lepas pantai samudera hindia wisata pantai Pangandaran yang semua sudah mengetahuinya ini merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar, tinggal melanjutkan program pembangunan dan beberapa sarana fasilitas pengunjung dilokasi obyek wisata pantai, tentunya dengan penataan kawasan wisata yang baik, kenyamanan destinasi tata Kelola obyek wisata, terjaminnya asuransi bagi para pengunjung, dan yang tidak boleh dianggap enteng yaitu terjaminnya keamanan bagi apara pelancong. Pembanguanan ke depan tinggal terintegritasnya akses antar satu destinasi wisata satu dengan destinasi wisata lainnya, tutur Asep.

Kembali pada prinsipnya pencapaian program Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati ekspetasinya sudah sesuai dengan apa yang direncanakan di dalam RPJMD. Mulai dari tahapan lalu pencapaian program, ada yang melampaui dan ada juga yang sudah tercapai, Adapun kekurangan kita secara Bersama – sama membangun lebih baik untuk Kabupaten Pangandaran. Apresiasi kepada Pemerintahan Daerah, walaupun dengan anggaran yang minim tetapi program – program ideal selaras dengan nawa cita Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Barat, paparnya.

Tahun 2020 APBD Pangandaran sebesar 1.3 Triliun, tahun depan 2021 naik menjadi RP 1,4 Triliun. Sumber Daya Alam yang dimiliki Kabupaten Pangandaran sangat luas, masih banyak potensi yang belum terexplore dan tergali di 10 Kecamatan Kabupaten Pangandaran, tentunya kita rekomendasikan kepada Pemerintahan Daerah agar di tahun depan bisa mengalokasikan anggaran investasi di sektor parawisata,” tuturnya.

Harapan ke depan selaku Ketua DPRD Pangandaran, Pemerintahan Daerah bisa berinvestasi untuk peningkatan PAD, misalnya pada pengelolaan Pajak Hotel dan Restoran dengan meningkatkan sistem aplikasi yang modern, sehingga bisa mempermudah, meminimalisir kekurangan dan lebih akurat lagi penghitungan pendapatannya, pungkasnya. (driez)

About admin

Check Also

Kunjungi Tasikmalaya, Ferdiansyah menyerap Aspirasi tentang Sistem Presidensial

Kota Tasikmalaya,faktualjabar.com- Sebagai anggota MPR RI, Ferdiansyah memiliki kewajiban untuk menyerap aspirasi terkait perbaikan sistem …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *