Home / Olahraga / Berbagai Harapan Muncul di LIMA Badminton WJC Season 8

Berbagai Harapan Muncul di LIMA Badminton WJC Season 8

Bandung, faktualjabar.com-LIMA Badminton: Blibli.com West Java Conference Season 8 akan segera digelar. Technical meeting telah dilaksanakan pada Sabtu (7/3) di North Sea Room, Grand Pasific Hotel. Setelah menghadiri pertemuan teknis ini, tim-tim yang berpartisipasi menyatakan harapannya untuk kompetisi ini.

LIMA Badminton: Blibli.com West Java Conference Season 8 akan bergulir pada 8-15 Maret mendatang di GOR Tri Lomba Juang, Bandung. Kompetisi antarmahasiswa ini akan menggelar pertandingan perseorangan terlebih dulu pada dua hari pertama. Dalam enam hari selanjutnya, kompetisi ini akan mempertandingkan sektor beregu yang menggunakan babak penyisihan grup dengan sistem setengah kompetisi.

Kompetisi beregu diikuti oleh 11 tim putra dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SG), Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Universitas Islam Bandung (Unisba), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan (STKIP Pasundan) Cimahi, Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos), Universitas Galuh (Unigal), Universitas Perjuangan (Unper), dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas (STIE Ekuitas). Beregu putri diisi oleh empat tim, yaitu UPI, UIN SG, Unpad, dan STKIP Pasundan.

Kompetisi perseorangan akan menghadirkan pertandingan tunggal putra dan ganda campuran. Di perseorangan tunggal putra, akan ada 13 student athlete yang ikut serta. Unikom, Unpad, UPI, dan UIN SG mengirim dua perwakilan. Lima pemain lainnya berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sebelas April Sumedang (STIE SAS), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Poltekpos, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer IKMI (STMIK IKMI) Cirebon, dan Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBI Kesatuan) Bogor.

Perseorangan ganda campuran juga menghadirkan 13 pasangan yang akan berkompetisi. Unikom mengirimkan empat ganda campuran. STKIP Pasundan mengirimkan tiga pasangan. Unpad dan STP Nationals Hotel Indonesia (STP NHI) masing-masing memiliki dua pasangan. UPI dan UIN SG hanya mengirim satu pasangan.
Di sektor beregu, Unper menjadi satu-satunya tim tim yang baru mengawali kiprahnya di Liga Mahasiswa, sedangkan di perseorangan, ada STMIK IKMI, IBI Kesatuan, dan STP NHI yang merupakan debutan di LIMA Badminton: Blibli.com West Java Conference Season 8.

Ariyanto Wibisono, pelatih juara beregu putra musim lalu, Unikom, mengungkapkan, “Lewat technical meeting ini kami bisa menjaga silaturrahmi, mengingat kembali tentang peraturan kompetisi, dan mengetahui informasi terbaru. Pada tahun ini, target kami tetap juara sektor beregu. Namun, untuk perseorangan, kami berharap bisa meloloskan pemain sebanyak-banyaknya ke Nationals. Kami sudah mempersiapkan teknik, fisik, dan kekompakan sebelum berkompetisi seturut keberadaan kami di grup yang tim-timnya cukup diwaspadai.”

Harapan lain muncul dari Hendya Alif, manajer juara beregu putri musim lalu, STKIP Pasundan. Ia berkata, “Technical meeting ini wajib dilakukan karena semua persiapan kompetisi berawal dari pertemuan ini. Saya berharap kompetisi LIMA tahun ini lebih kompetitif dan lebih bersaing secara sehat, serta para student athlete juga bisa mengembangkan bakatnya. Untuk tahun ini, target kami lolos ke LIMA Badminton Nationals lebih dulu. Kalaupun juara, akan menjadi bonus untuk kami. Semoga para pemain bisa sportif dan menampilkan yang terbaik.”

Selain dari para tim juara musim lalu, muncul harapan lain dari salah satu kampus yang melangsungkan debutnya di kompetisi perseorangan LIMA Badminton: Blibli.com West Java Conference Season 8, yaitu STP Nationals Hotel Indonesia (STP NHI). Salah satu student athlete mereka, Marcel, mangatakan, “Ini merupakan ajang pertama saya di kompetisi LIMA. Saya juga tidak memiliki target yang tinggi. Yang terpenting melakukan yang terbaik lebih dulu untuk kampus. Dengan ikut kompetisi LIMA ini, saya juga bisa menambah pengalaman.”
Technical meeting ini dilaksanakan dengan tiga sesi. Sesi pertama diisi oleh materi mengenai Liga Mahasiswa, lalu dilanjutkan dengan higlights peraturan kompetisi pada sesi selanjutnya. Sesi terakhir diisi oleh perwakilan PBSI yang menyampaikan mengenai Laws of Badminton BWF.
Selain pembahasan teknis, pertemuan ini juga melakukan undian kompetisi perseorangan dan pembagian grup. Berikut pembangian grup LIMA Badminton: Blibli.com West Java Conference Season 8 :
Beregu Putra

Pul A : Universitas Komputer Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Institut Teknologi Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas

Pul B : Universitas Pendidikan Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan, Politeknik Pos Indonesia, Universitas Islam Bandung, Universitas Galuh, Universitas Perjuangan
Beregu Putri

Pul X : Universitas Pendidikan Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan, Universitas Padjadjaran, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.(rls)

About admin

Check Also

STKIP Pasundan Raih Peringkat Ketiga

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com-Putra Sekolah Tinggi Pendidikan dan Ilmu Pendidikan Pasundan (STKIP Pasundan) meraih peringkat ketiga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *