Home / Berita Jabar / Bupati Pangandaran Dukung Pola Hidup Bersih Dan Sehat

Bupati Pangandaran Dukung Pola Hidup Bersih Dan Sehat

Kabupaten Pangandaran, Faktualjabar.com – Guna mewujudkan masyarakat sadar akan pola hidup besih dan sehat, harus menanamkan budaya dan prilaku sadar akan kesehatan yang dibangun oleh masyarakat. Hari ini, Selasa (15/10/2019) Jeje Wiradinata Menghadiri Gebyar hari cuci tangan sedunia yang diadakan di lapang taruna desa cijulang kabupaten pangandaran.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan drg. Yani Achmad Marzuki, MKes, Kepala Bagian Humas dan keprotokolan Setda H. Wawan Kustaman S.Pd. MM, Kepala Bagian Umum Setda Drs Dedih Rakhmat M.Si, Camat Cijulang Boy Warisman, S.Sn, MM. Juga diikuti oleh 700 siswa/i SD, yang dibuka langsung oleh Bupati Pangandaran.

Dalam sambutannya H. Jeje Wiradinata menyampaikan bahwa pola hidup bersih dan sehat ini harus dimulai dari prilaku pribadi masyarakat itu sendiri, sarana dan prasarana pun harus menunjang, guna menciptakan desa bersih dan kabupaten sehat.

“Program pembangunan sarana dan prasarana pun dilakukan secara bertahap, berkelanjutan dan berkesinambungan oleh Pemkab Pangandaran, guna meningkatkan kesehatan warga masyarakat”ucapnya

lanjut H. Jeje Wiradinata juga berharap untuk pembangunan RSUD Pandega Pangandaran bisa diselesaikan akhir tahun ini dan digunakan di aawa tahun 2020,

“Pembangunan 11 Puskesmas setara hotel bintang tiga yang dilengkapi oleh alat penunjang kesehatan masyarakat. Dan yang paling penting adalah pelayanan bagi masyarakat dengan perlakuan yang sama dengan pengobatan gratis bagi warga masyarakat kabupaten pangandaran” Tuturnya.

PHBS ini seyogianya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat, akan sadar cuci tangan sebelum makan, pemenuhan kebutuhan konsumsi makan 4 sehat 5 sempurna, olahraga yang teratur, imbuhnya.

“acara gebyar cuci tangan sedunia ini bukan hanya seremonial semata namun bisa diimplementasikan oleh guru – guru SD dan sosialisasi oleh semua Puskesmas ditingkat kecamatan masing – masing wilayah” Harap Jeje

Ditempat yang sama Kadinkes Kab. Pangandaran drg. Yani Achmad Marzuki memaparkan kegiatan ini melibatkan Siswa/i SD agar kelak bisa menerapkan pola hidup sehat dan bersih sejak usia dini melalui cuci tangan yang merupakan kegiatan rutin tahunan, pungkasnya. (Hendris)

About admin

Check Also

Bawaslu Kota Tasik : Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif Dibentuk Untuk kepanjangan Tangan Bawaslu

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com – Badan Pengawasan Pemilu Kota Tasikmalaya mengadakan Kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *