Home / Ragam / Gua Rawas, Potensi Wisata Di Desa Karangmulya

Gua Rawas, Potensi Wisata Di Desa Karangmulya

Pangandaran,faktualjabar.com – Desa Karangmulya daerah ini merupakan wilayah di Kabupaten Pangandaran terletak di perbatasan wilayah selatan Kabupaten Ciamis. Disini masih tersimpan potensi wisata seperti sebuah Gua yang katanya memiliki nama Gua Rawas.

Kekayaan alam milik desa yang hingga kini belum secara maksimal dikelola pemerintah desa setempat, namun oleh sebagian masyarakat setempat di manfaatkan untuk saluran kolam ikan dan saluran air pesawahan karena di dalam gua rawas tersebut terdapat aliran sungai.

Gua Rawas tersebut memiliki luas yang cukup sebagai wisata itu harusnya bisa di kembangkan dan dimanfaatkan sebagai sebuah destinasi wisata dan edukasi wisata alam.

Pemerintahan Desa akan melakukan pembenahan dimulai dengan pembangunan akses jalan sepanjang 500 meter menuju lokasi Gua tersebut, pada anggaran dana desa di termin ke-2 tahun 2019.

Dikatakan Agus Triono Ketua BPD Kepada faktualjabar.com Jumat (19/07/2019)

“pada areal Gua masih perlu dikelola sebagai objek wisata, sehingga nantinya akan berdampak kepada peningkatan Ekonomi yang ada di desa ini”Ucap Agus.

Lanjut Agus, pihaknya sudah merencanakan untuk menggali potensi dari Gua Secara bertahap dan berkelanjutan dengan mendorong pemerintahan desa dengan melibatkan dinas pariwisata Kabupaten Pangandaran.

“tidak menutup kemungkinan pihak nya bisa bekerja sama dengan pihak ketiga dengan penyertaan modal 60 % Pemerintah Desa : 40% Pihak ketiga (masyarakat desa karangmulya-red)”tambahnya. (Hendris)

About admin

Check Also

Walikota Tasik : Makanan Di Darmaga Sunda Luar Biasa Enak

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com- saat menghadiri grand Opening Darmaga Sunda Resto, Walikota Tasikmalaya meminta agar tetap …

One comment

  1. Masih banyak Goa yg ada di Desa Karangmulya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *