Home / Ragam / MCK & Masjid Portable, Hadir ditengah-tengah Posko Pengungsian

MCK & Masjid Portable, Hadir ditengah-tengah Posko Pengungsian

Faktualjabar.com – Sukacita dan haru biru menyelimuti warga diposko pengungsian Kp Salaeurih, Desa Benjot Kec Cugenang Cianjur. kebahagiaan ini muncul setelah hadirnya masjid portable dan MCK ditengah-tengah posko pengungsian setempat.

Masjid As-shodiq merupakan masjid portable ini digunakan untuk tempat beribadahan, pengajian dan kegiatan keagamaan lainnya. Masjid berukuran 8×8 meter ini dimanfaatkan oleh 95 KK dengan 342 jiwa yang mengungsi. Begitupun dengan MCK yang hadir memudahkan para pengungsi untuk mendapatkan akses air, MCK yang berjumlah 10 pintu ini sudah siap digunakan oleh warga sekitar. Sebelumnya, para pengungsi harus berjalan cukup jauh atau melewati jalana terjal menuju ke sungai untuk mendapatkan akses air dan memenuhi kebutuhan sanitasi setiap harinya.

Melihat Kondisi tersebut, HBI berkolaborasi dengan salah satu keluarga Dermawan asal Tasikmalaya yaitu keluarga Azad Textile dan keluarga dermawan asal Ciamis yaitu Keluarga Bapak H Amam membangun MCK dan Masjid portable ini dengan layak, aman dan nyaman.

Saat ini masjidnya sudah diresmikan dan siap untuk dimakmurkan oleh warga setempat. Kebahagiaan pun disampaikan oleh Ibu Wiwin salah satu pengungsi yang tinggal di posko setempat “Terimakakasih kepada lembaga HBI dan donaturnya yang sudah membangunkan masjid dan MCK juga semuanya, alhamdulullah kita terbantu banget dengan adanya masjid dan MCK ini, semoga semakin sukses dan semakin berkah, aamin yaAllah” Ungkap Ibu Wiwin, Selasa (13/12/22)

Pembangunan MCK dan Masjid Portable ini berlangsung kurang lebih 4 hari lamanya, dikerjakan dengan sangat baik dan cepat agar segera digunakan oleh para pengungsi, sebelumnya para pengungsi hanya memeanfaatkan tenda terpal sebagai tempat ibadah darurat dan sungai, hal ini disampaikan oleh M Fauzi Ridwan Selaku tim Program HBI “Alhamdulillahirobbil’alamin MCK dan Masjid portable ini sudah selesai dibangun dan sudah dimanfaatkan oleh warga setempat, sebelumnya mereka hanya memanfaatkan tenda terpal sebagai tepat sholat yang jika hujan sudah pasti kebasahan, dan juga harus berjalan jauh atau ada juga yang menerjang jalanan terjal menuju sungai untuk mendapatkan akses air bersih. Namun dengan hadirnya MCK dan Masjid ini kini memudahkan warga setempat untuk beribadah dan memenuhi kebutuhan setiap harinya” ungkap Fauzi

About Redaksi Faktualjabar

Check Also

Bina Karya Negeri Bekerjasama dengan Yayasan Huda Asumiya Santuni Anak Yatim Piatu

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com – Bina Karya Negeri Sebagai wadah kemanusiaan universal profesional sistematis terstruktur dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *