Home / Berita Jabar / Permasalahan Jamkesmas diberhentikan ! Asep Sopari : Pemkab Buatkan Regulasi Agar Tidak Los Kontrol

Permasalahan Jamkesmas diberhentikan ! Asep Sopari : Pemkab Buatkan Regulasi Agar Tidak Los Kontrol

Kabupaten Tasikmalaya, faktualjabar.com- Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya mengeluarkan surat rekomendasi pemberhentian rekomendasi Jamskesmas sementara sampai terbit Peraturan Bupati Baru.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi merespon hal itu, dirinya menerangkan bahwasanya masyarakat dalam hal ini perlu dibantu dalam pelayanan kesehatan, maka dari itu beberapa pihak berinisiatif menggunakan surat keterangan tidak mampu dari Desa.

“Hari ini dengan adanya pemberitahuan, itu sudah ditarik oleh pemerintah pusat bahwa daerah tidak boleh menerbitkan Jaminan sosial diluar BPJS Kesehatan harus satu komando dari pusat” Kata Asep Sopari kepada awak media, di salah satu cafe yang berada di jl Leuwisari, kamis (5/1/2023).

Lanjut politisi Partai Gerindra ini, Namun disisi lain tidak semua masyarakat terkaper oleh BPJS Kesehatan terutama masyarakat miskin yang belum masuk PBI.

“inisiatif beberapa pihak membantu melalui dinsos, hari ini kalaupun dihentikan saya tidak setuju peluang membantu masyarakat miskin tidak ada” jelasnya.

Kalau hari ini membengkak hutang ke rumah sakit, karena itu diperbaiki saja regulasinya supaya betul betul selektif jangan semua mengajukan di kaper.

“Karena tidak semua yang mengajukan tidak mampu akan tetapi hari ini mencari jalan tengah rumah sakit tidak terbebani dan masyarakat terbantu” jelasnya.

Adapun solusinya format dengan berdasarkan prinsip kedaruratan dan kriterianya pun harus selektif, serta regulasinya harus ditetapkan supaya tidak lost kontrol.

“Pemerintah melalui dinas kesehatan dan sosial mengeluarkan regulasi masyarakat yang terkaper ini yang belum terkaper BPJS Kesehatan, ini kan kewajiban pemerintah juga, berdasarkan undang-undang” pungkasnya. (ib)

About admin

Check Also

Alami Kelumpuhan Strok Menahun, Kakek Ini Berharap Bantuan Kursi Roda

Pangadaran, Faktualjabar.com – Henhen seorang lansia warga Dusun Patingen II Desa Karangpawitan Kecamatan Padaherang alami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *