Home / Berita Jabar / Petani Tembakau Di Pangandaran Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Petani Tembakau Di Pangandaran Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Kabupaten Pangandaran, faktualjabar.com – Tembakau merupakan produk pertanian semusim yang bukan komuditas Pangan, melainkan komuditas di bidang perkebunan.

Indonesia memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional dan regional karena perannya sebagai sumber pendapatan negara dan penyedia lapangan pekerjaan khususnya di pedesaan.

Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran sendiri sangat memperhatikan sekaligus mendorong produk pertanian perkebunan, salah satunya dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Petani Tembakau Berbasis Kopetensi, ditahun anggaran 2019.

“Pelatihan ini terselenggara berkat adanya kontribusi dari kelompok tani bekerja sama dengan dinas pertanian dengan sistem bagi hasil dari penjualan produk cukai tembakau yang ada di Kabupaten Pangandaran”imbuh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Sutriaman, A.Pi. disela sela acara. Senin (22/07/2019)

Ditempat yang sama Ketua Panitia Pelaksana, Herdianto yang didampingi oleh kepala bidang pemasaran Ridwan, pelatihan Petani Tembakau Berbasis Kompetensi ini di ikuti oleh 6 kelompok Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI). 4 kelompok tani Kecamatan Padaherang dan 2 kelompok tani Kecamatan Mangunjaya.Yang diikuti oleh 60 orang dari berbagai Kelompok Tani.

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan selama 4 hari, mulai tanggal 22 – 25 Juli 2019, dengan pemateri dari Dinas – dinas terkait yaitu Dinas Pertanian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Dinas Perkebunan Kab. Pangandaran, Asosiasi Petani Tembakau se-Priangan Timur, Balai Proteksi Provinsi Jawa Barat, bahkan mengundang dari Akademisi Sekolah Tinggi Pertanian ITB.

“pelatihan petani tembakau ini bertujuan untuk penguatan kelembagaan memberdayakan (menggerakan) para pihak dengan upaya perkebunan”ucap herdianto

Diharapkan kedepan para petani mampu meningkatkan kemampuan kapasitas pengetahuan, keterampilan, kemandirian para petani tembakau yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani tersebut.(hendris)

About admin

Check Also

Aliansi Wartawan Pasundan Segera Deklarasi

Kabupaten Pangandaran, Faktualjabar.com – Pembentukan Aliansi Wartawan Pasundan yang disingkat AWP, tidak main – main …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *