Home / Berita Jabar / Pusat Geologi Bahas Diseminasi Hasil Penyusunan Kerentanan Gempa Bumi Di Kota Tasikmalaya

Pusat Geologi Bahas Diseminasi Hasil Penyusunan Kerentanan Gempa Bumi Di Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com-
Bapelitbangda Kota Tasikmalaya mendatangkan Pemateri langsung dari Pusat Survei Geologi Kementrian ESDM untuk membahas Diseminasi Hasil Penyusunan Peta Seismotektonik dan Mikrozonasi Kerentanan gempa bumi dan Ikutannya yang dilaksanakan di city hotel, rabu(28/8/2019).

Pada kesempatan itu, Kepala Pusat Survei Geologi Eko Budi Lelono mengharapkan hasil survei yang sudah dibuat, hendaknya bisa diketahui oleh masyarakat luas.

“yang kita disampaikan gambaran umum yang bisa dimengerti oleh publik, intinya mensosialisasikan dan jangan dianggap menjadi sesuatu hal yang menakutkan dalam mengetahui kerentanan dan kerawanan gempa didaerah ini” jelasnya.

Lanjut Eko, dirinya mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya yang betul-betul konsen dalam kondisi geologi, dan Kota Tasikmalaya untuk priangan timur baru pertama kli mengadakan survei ini.

“saya salut kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya yang konsen dalam kondisi geologi” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Bapeltibangda Dindin mengatakan dengan adanya hasil studi ini akan dilakukan komparasi dengan melakukan pengaturan pola ruang.

“Hasil studi ini kita akan komparasi dengan pengaturan pola ruang. Daerah secara teknis dari pusat survei tidak dikategorikan rentan bencana tanah dibanding daerah lain. Relatif rendah kota tasik itu. ” ungkapnya seusai acara, rabu (28/8/2019).

Sambung Dindin, untuk daerah lain tebal jadi rentan gerakan tanah. Sampai batuan keras kita tipis dan Menurut survei mereka (Pusat Geologi-red) tak termasuk risiko tinggi bencana geologi.

“Mikrozonasi itu lebih detail surveinya di daerah secara rinci. Hasil ini kita bisa untuk tetapkan pola ruang misal industri di kuning atau hijau. Sebab dampak korban besar. Baiknya untuk peternakan, ketika bencana tidak terlalu banyak penduduk” pungkasnya. (ib)

About admin

Check Also

Anleg DPRD Kabupaten Pangandaran Ikuti Swab Dan Donor Darah

Kabupaten Pangandaran, Faktualjabar.com – DPRD dan Kesekretariatan DPRD Kabupaten Pangandaran menjalani rapid test, tes swab …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *