Home / Berita Jabar / Taman Baca Masyarakat Ini Digagas Oleh Sejumlah Komunitas

Taman Baca Masyarakat Ini Digagas Oleh Sejumlah Komunitas

Kabupaten Pangandaran, FaktualJabar.com – Di era digital ini pengetahuan sangatlah berkembang pesat, namun ada hal yang menarik di wilayah Lapang Merdeka Pangandaran, letak sangat strategis yang berada di sekitar sekolah – sekolah baik SMP maupun SMK, yaitu Taman Baca Masyarakat.

Diawal berdirinya Taman Baca Masyarakat ini, digagas oleh beberapa komunitas pencinta baca dan para awak media dengan misi sama yaitu masih kurangnya perpustakaan yang ada di masyarakat, kawan – kawan yang tergabung tersebut mencari masyarakat yang suka baca buku, terbentuklah Rumah Plankton di Tamam Baca Pangandaran Creative Space, Komunitas Sabalad (SMK Bakti Karya), Komunitas IBM I-Cos.

Para komunitas Ini bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Pangandaran, Dispusip dan BJB KCP Pangandaran. Perjuangan pun akhirnya membuahkan hasil tepatnya tanggal 24 Desember 2016 lokasi di Pasar Wisata, untuk lokasi di Lapang Taman Merdeka ini baru 1 tahun, berdirinya Taman Baca Masyarakat ini, imbuh Ai Sifa, selaku pengelola Taman Baca.

Namun masih banyak kekurangan karena buku – buku yang ada kebanyakan tentang sastra, filsafat, sejarah, buku bergambar, hukum, buku panduan belajar sisanya tentang umum dan agama itu pun berbentuk hibah dari perorangan dan perpustakaan nasional.

Masyarakat umum (SD) cukup menjadi anggota dengan bayar Rp 15.000,- karena siswa SD masih ditanggung orang tua dan untuk pelajar (SMP dan SMA) dan Mahasiswa Rp 10.000,-. Lama sewa 10 hari, apabila terlambat denda Rp 500,-/hari maksimal sekali pinjam 3 buku.

“Taman Baca ini masih dirasa banyak kekurangan khususnya buku tentang destinasi wisata pangandaran belum tersedia, dan masih belum bisa menambah buku – buku terbaru, karena belum cukup dana untuk pengadaan buku – buku baru. Ini merupakan pekerjaan rumah bagi kami.”ungkap Andi Nur Roni Penanggungjawab kepada faktualjabar.com Jumat (26/07/2019)

Sarana dan prasarana penunjang pun untuk pembaca belum ada, hanya mengandalkan ketersediaan tempat sekitar taman baca ini di luar.

“berharap ada para dermawan, pencinta baca, investor dan pihak terkait untuk bisa berkontribusi dalam pengembangan taman baca masyarakat ini”tandasnya.(hendris)

About admin

Check Also

Spirit Ramadhan, GTHNK 35+ Berbagi Keberkahan Dengan Masyarakat

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com-di hari ke 27 ramadhan 1442 H tentunya dari berbagai kalangan berlomba-lomba mengadakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *