Home / Ragam / Taman Rekreasi Geopark Batu Mahpar Galunggung, Jadi Icon Wisata Sejarah Dan Budaya

Taman Rekreasi Geopark Batu Mahpar Galunggung, Jadi Icon Wisata Sejarah Dan Budaya

Kabupaten Tasikmalaya, Faktualjabar.com – Wisata Batu Mahpar sebagai icon wisata yang kental dengan sejarah dan budaya Jelajah wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya yang saat ini banyak dilirik yaitu Taman Rekreasi Geopark Batu Mahpar Galunggung, Wisata ini berada di Tegal Munding Desa Linggawangi Kecamatan Leuwisari kab Tasikmalaya.

Walaupun dalam masa pandemi covid 19, batu mahpar masih tetap dikunjungi oleh masyarakat Kabupaten Tasikmalaya maupun diluar Tasikmalaya, namun jumlah pengunjungnya dibatas karena mematuhi aturan protokol kesehatankesehatan.

Alhamdulilah media berhasil menemui Pengelola Batu Mahpar diterima dengan baik, dikantornya sekaligus bincang-bincang menyampaikan informasi tentang wisata Batu Mahpar, lanjut bahwa menurut Pengelola bahwa merasakan

“dampak pandemi covid 19 ini selama pandemi berlangsung dari mulai Bulan Maret sampai sekarang. Kami tetap bertahan dan kami batasi pengunjung yang datang kesini karena mematuhi Protokol Kesehatan, penurunan omzet 80%, sehingga kami pihak pengelola tetap optimis tahun 2021 akan kembali normal” Kata Totong Muhammad saat ditemui Faktualjabar.com, minggu (19/12/2020)

pihaknya juga menawarkan diskon 50% tiket masuk objek wisata batu mahpar. cukup bayar tiket hari-hari biasa hanya Rp. 20.000,- namun untuk hari libur (week end) Rp. 25.000,- Satu keistimewahan bahwa wisata batu mahpar ini tersedia fasilitas musium Galunggung sebagai lembaga yang peduli (melestarikan) koleksi artefak dan benda-benda lain yang memiliki kepentingan artistik, budaya, sejarah, atau ilmiah.

“Musium Galunggung ini salah satu warisan yang perlu dijaga dan dirawat serta perlu diketahui oleh masyarakat khususnya warga Tasikmalaya, umumnya warga diluar Tasikmalaya” Turur Totong

Selain Musium bahwa wisata Batu Mahpar ini dilengkapi dengan fasilitas lain seperti wisata curug (air terjun), bumi perkemahan, padepokan batu ampar galunggung, arena kolam renang, arena outbound dan arena selfi untuk berfoto. Selain menikmati fasilitas wisata batu mahpar namun plusnya kita menjadi mengenal sejarah dan budaya, sebagai wawasan pengetahuan yang perlu ditanamkan kepada anak-anak masyarakat Indonesia.

Sebagai identitas bangsa Indonesia bahwa sebuah karakter bangsa di nilai dari kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan karena Indonesia merupakan penuh dengan aneka ragam budaya bahasa dan kekayaan alam sebagai warisan nenek moyang tidak terlepas dari peninggalan sejarah dan benda-benda kuno yang sekarang ada di musium Galunggung Kabupaten Tasikmalaya. (mumuh)

About admin

Check Also

Kini Hadir Baso Aci Ceu Imas di Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com – Kuliner di Tasikmalaya sangatlah beraneka ragam, dan Tasikmalaya terkenal dengan Baso …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *