Home / Ragam / Terwujudnya Harapan Pak Nanang Beni Miliki Rumah Layak

Terwujudnya Harapan Pak Nanang Beni Miliki Rumah Layak

Kabupaten Ciamis, Faktualjabar.com – Pak Nanang merupakan salah satu warga Dusun Pasarsalasa, Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Sehari-hari ia bekerja sebagai penjual Nasi TO. Sudah 10 tahun lamanya ia bersama istri dan juga anaknya tinggal dirumah yang sudah tidak layak bahkan kondisinya nyaris rubuh.

Bermula saat rumah mereka yang awal sudah lapuk kemudian rubuh, dan pak Nanang Beni berikhtiar untuk mengambil puing-puing dan sisa reruntuhan untuk kemudian dijadikan rumah sementara berukuran 4×5,5 M yang sekarang mereka tempati. Namun karena rumah yang sekrarang kondisinya sudah sama-sama lapuk, sehinggga seringkali mereka merasa takut akan rumah yang bisa kapan saja rubuh, akhirnya mereka memutuskan untuk meumpang tidur malan hari ke rumah saudaranya, dan siang hari menempati rumah yang nyaris rubuh itu. Bertahun-tahun itu juga pak Nanang terus mengerahkan segala bentuk ikhtiarnya untuk merenovasi rumahnya.

Melihat perjuangan Pak Nanang beni, Hidayah Berbagi Indonesia (HBI) yang berkolaborasi berbagai elemen seperti para mitra donatur, pemerintahan, tokoh masyarakat dll membangun kembali rumah Pak Nanang Beni menjadi layak. Pembanguan ini disambut baik dan penuh haru oleh Pak Nanang seraya mengucapkan terimakasih dan doa terbaiknya.

“Alhamdulillah abdi mah ngadugikeun mangrebu-rebu nuhun sareng doa kangge sadayana anu tos peduli sareng ngabantos bumi abdi janteun sapertos ayeuna. Mung panginteun abdi teu tiasa mulang tarima mung disanggakeun wae kanu maha suci anu bakal ngabalesna Jazakumullah kangge sadayana, mudah sarehat teras” Ungkap Pak Nanang

Saat ini rumahnya sudah bisa ditempati dengan nyaman dan aman juga sudah diserahterimakan kepada Pak Nanang, Pembangunan inipun didukung oleh pemerintah dengan tokoh masyarakat setempat, tokoh ulama, dan elemen-elemen lain yang berkolaborasi dan bergotong royong, hal ini disampaikan oleh M Fauzi Ridwan Selaku tim Program HBI

“Alhamdulillah pembangunan rumah layak untuk pak Nanang sudah selesai setelah kurang lebih 1 bulan proses pembangunan, saat ini sudah diserahterimakan dan akan segera ditempati in syaa Allah dengan aman dan nyaman dari sebelumnya. Pembangunan inipun didukung oleh banyak pihak sampai terwujudnya rumah ini, oleh karena itu kami sama-sama berdoa, semogapun ini menjadi amal jariyah untuk semua yang sudah ikut sama-sama mewujudkannya, jazakumallahu khairaan” ungkap Fauzi, Rabu (04/01/23)

Rumah pak Nanang ini merupakan rumah pertama di tahun 2023 yang diresmikan oleh HBI. Ditahun 2022, HBI sudah membangun 8 rumah layak huni di Ciamis dan sekitarnya. Program ini merupakan salah satu bagian dari program HBI sejatera, dimana program ini menjangkau masyarakat yang membutuhkan bantuan renovasi rumah layak dengan kriteria tertentu melalui proses assesment

Selain itu HBI sebagai lembaga amal sosial kemanusiaan bergerak di berbagai program lainnya seperti bantuan sarana prasarana keagamaan, bantuan pangan untuk masyarakat prasejahtera, bantuan medis, santunan guru ngaji dan anak yatim paitu, respon bencana alam, renovasi rumah dan beasiswa untuk pendidikan anak negeri.

Dalam acara peresmian ini juga dihadiri oleh pemerintahan setempat, seperti perwakilan dari kecamatan dan Desa Cikoneng, Koramil,Polsek, Dinsos dan Baznas Kabupaten Ciamis, juga tokoh masyarakat lainnya beserta para donator pembangunan rumah ini. (***)

About Redaksi Faktualjabar

Check Also

Bina Karya Negeri Bekerjasama dengan Yayasan Huda Asumiya Santuni Anak Yatim Piatu

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com – Bina Karya Negeri Sebagai wadah kemanusiaan universal profesional sistematis terstruktur dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *