Infonya Jawa barat
Home / Politik & Hukum / 5 Parpol Tunggu Hasil Sengketa Keputusan KPU RI

5 Parpol Tunggu Hasil Sengketa Keputusan KPU RI

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com-KPUD Kota Tasikmalaya melakukan Penyampaian Salinan Berita Acara Hasil Penelitian Administrasi Perbaikan Persyaratan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kota Tasikmalaya di Aula KPUD Kota Tasikmalaya, Rabu (13/12/2017).

Ade Kurnia Komisioner KPUD Kota Tasikmalaya mengungkapkann acara ini digelar  untuk memenuhi tahapan PKPU 7/2017. ketika parpol dalam penelitian awal masih ada keanggotaannya dibawah batas minimal 692 anggota, maka parpol tersebut harus melakukan perbaikan.

“Proses itu semua sudah dilaksanakan dan diserahkan perbaikannya ke kita. Kemudian kita teliti lagi hasil perbaikan tersebut dan hasilnya hari ini. Alhamdulillah, ketika MS nya dijumlahkan antara MS hasil perbaikan dan penelitian awal jumlah keanggotaannya ada diatas angka 692,”ujar Ade.

Lanjut Ade, Parpol-parpol tersebut memiliki status memenuhi syarat (MS). Akan tetapi, untuk dilakukan verifikasi aktual ke lapangan tidak sampai berhenti disini prosesnya, KPUD Kota Tasik terlebih dahulu akan menunggu keputusan dari KPU RI.

“Apakah parpol ditingkatan kota/kab itu layak diverifikasi faktual atau tidak?. Walaupun sudah MS, menunggu keputusan KPU RI untuk verifikasi ulang,” jelasnya.

Ada 14 parpol yang akan diverifikasi faktual yang akan dimulai 15 Desember 2017. Sedangkan 5 parpol masih menunggu proses kelengkapan dokumen berdasarkan sidang sengketa administrasi di Bawaslu. Kelima parpol itu yakni Parsindo, Partai Idaman, PBB, PIKA, Republik.

“Dari kelima partai itu, yang sudah memenuhi syarat di atas jumlah keanggotaan ada dua, PBB dan Idaman. Jadi yang dua itu sifatnya optional,” ungkap Ade.

Hadir dalam acara itu, perwakilan pengurus partai politik yang telah mengikuti verifikasi awal Serta Ketua Panwalu Kota Tasikmalaya.(dian)

About admin

Check Also

Viman dan Influencer Kota Tasikmalaya Ajak Anak Yatim Berbagi Ribuan Takjil

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com- Ngabagi takjil di Jalanan (Ngabatalan) part IV ini yang digagas para influencer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *