Infonya Jawa barat
Home / Berita Jabar / 8 Desa Di Kecamatan Padaherang Akan Ikuti Pilkades Serentak

8 Desa Di Kecamatan Padaherang Akan Ikuti Pilkades Serentak

Kabupaten Pangandaran, Faktualjabar.com – Desa Karangmulya Kecamatan Padaherang melaksanakan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2019, Jum’at (16/08/2019).

Acara yang bertempat di Aula Desa Karangmulya tersebut dikatakan Pjs Kepala Desa Karangmulya Tarman masih bukan sosialisasi persoalan teknis namun mekanisme dan regulasi proses tahapan pilkades.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Pangandaran akan melaksakan pilkades mendatang pada bulan November 2019, sebanyak 68 Desa se-Kabupaten Pangandaran dengan menyerap anggaran 1.5 Miliar dan sisanya akan ditanggung oleh APBDes Desa masing – masing.

Untuk Kecamatan Padaherang akan melaksanakan Pilkades serentak, ada 8 Desa yang akan melaksakan pilkades salah satunya Desa Karangmulya, yaitu pada tanggal 30 Nopember 2019.

Karena itulah, sosialisasi tersebut bukan sosialisasi teknis Pilkades. Melainkan, sarana menyamakan persepsi sekaligus serap aspirasi untuk menciptakan pilkades yang makin baik dan berkualitas.

“Berbagai aspirasi, masukan untuk kemajuan Pilkades nanti akan kami tabulasi sebagai bahan penyusunan Peraturan Desa tentang Pemilihan Kepala Desa”Ucap Tarman

Hal tersebut, selaras dengan apa yang disampaikan Ketua BPD dalam pemaparannya, tujuan sosialisasi itu merupakan tanggungjawab dari pemerintahan desa dan lembaga desa BPD, di antaranya juga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap Peraturan Bupati No. 11 tahun 2015 yang mengatur tata cara Pengangkatan Pemberhentian Kepala Desa.

“Tahapan sosialisasi pilkades memberikan masukan terhadap panitia pilkades tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa”jelas Ketua BPD Agus Tame.

Sosialisasi tersebut, lanjut Agus Tame memaparkan tahapan pembentukan panitia pemilihan pilkades dan honorarium panitia, syarat – syarat calon kepala desa yang sesuai peraturan perundangan yang berkaitan tentang pilkades, pungkasnya. (Hendris)

About admin

Check Also

Berawal #biasainpagi menjadi #tasikberlari

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com- Sabtu yang cerah di pagi hari, beberapa kelompok pelari berkumpul di Cafe …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *