Infonya Jawa barat
Home / Berita Jabar / Akibat Hujan Deras Di Kecamatan Padaherang Ratusan Hektar Sawah Terendam

Akibat Hujan Deras Di Kecamatan Padaherang Ratusan Hektar Sawah Terendam

Pangandaran, faktualjabar.com – Akibat intensitas hujan tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir dan terus datang lagi hujan disertai angin dan petir & dari hari kehari membuat puluhan unit rumah di lingkungan Dusun Anggarasksan, Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran nyaris direndam air dan menggenangi jalan dan perkarangan hingga aktivitas warga terganggu dan ratusan hektar sawah terendam air.

Kepala Dusun (Kadus) Anggaraksan Kartim mengatakan, hujan lebat yang terus mengguyur kampungnya !beberapa hari terakhir dan terus mengguyur telah mengakibatkan genangan air yang cukup fantastis ada 40 cm bahkan sampe 50 hingga 80 cm dari permukaan tanah, sejumlah rumah warganyapun nyaris terendam.

“Sudah sekitar puluhan rumah warga yang nyaris terendam air dan kapan berlanjut terus ini hujan maka kampung anggaraksan aksn jadi timbunan air dan akan menghambat aktivitas warga,” ucap Kadus kepada media ini, Jum’at (18/11/2022).

Menurut kadus, lokasi banjir yang menggenangi rumah warga merupakan langganan setiap tahun. Selain karena lokasinya rendah saluran drainase untuk menampung aliran air di lokasi itu tidak normal dan akan terus menjadi beban bagi warga.

“Kami sudah coba berkoordinasi instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut. Namun, hingga kini belum juga ada tanggapan,” katanya.

Padahal sudah jadi langganan tempat penampungan air bila datang musim hujan dan akan nenimbilkan penyakit kulit. Di sinilah peran aktif pemdes, kecamatan bahkan pemerintah kabupaten atau memag mesti ada sarana prasararana ulntuk antisipasi banjir,” tambah kadus

Dalam kesempatan itu kadus berharap, semoga ada solusi dari pemerintah daerah agar tidak terjadi lagi genangan air di dusunnyati ap kali turun hujan.

“Semoga secepatnya ada solusi dari pemerintah daerah agar rumah-rumah warga disini tidak terendam air,” tutupnya. (Driez)

About Redaksi Faktualjabar

Check Also

Berawal #biasainpagi menjadi #tasikberlari

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com- Sabtu yang cerah di pagi hari, beberapa kelompok pelari berkumpul di Cafe …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *