Infonya Jawa barat
Home / Berita Jabar / BUMDes di Desa Sumberjaya Kelola Bank Sampah

BUMDes di Desa Sumberjaya Kelola Bank Sampah

Kabupaten Ciamis, Faktualjabar.com – Daya kelola BUMDes di desa desa semakin pesat dan berkembang dengan alokasi anggaran yang disesuaikan oleh desanya sendiri untuk menjadi PAD yang lebih signifikan bagi Desa.

Bentuk kelola dari bumdes itu sendiri bermacam macam, dari mulai sarana air bersih, swakelola dalam perdagangan hingga yang lainnya.

Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis memilih cara berbeda untuk kelola BUMDes, Desa Sumberjaya mencoba dalam Bank Sampah bagi masyarakat agar lebih sadar lingkungan dan lebih ke pola cara hidup sehat.

Dikatakan Kepala Desa Sumberjaya H. Haris Iwan Gunawan, kepada wartawan Sabtu ( 27/07/2019 )

“BUMDes disini alhamdulillah sudah berjalan dalam kelola air bersih malahan sudah di Perdeskan disamping itu juga untuk hal sampah bahwa sampah bukan hal mudah tetapi sampah adalah masalah, tetapi kami mencoba dengan program Lembur Berseka”Ucapnya

Lanjut, Haris Mengelola sampah kita sudah mengadakan pelatihan dan bimbingan dari dinas kesehatan dan dinas lingkungan hidup, kita mulai dar satu RT dan sekarang sudah berkembang 1 dusun karena harus bertahap, semoga kedepan bisa berkembang disemua dusun yang ada di Desa Sumberjaya.

“Kelola bank sampah sendiri setiap warga harus paham akan sampah Organik maupun non organik jadi setiap warga akan lebih paham dari sampah bisa menjadi berkah dengan ada buku tabungannya dan kita bagikan setiap menjelang hari raya satu tahun sekali”imbuhnya.

Untuk lebih berkembangnya bank sampah saya sebagai kepala desa berharap kepada pemerintah pusat, Provinsi dan kabupaten bisa membantu kami untuk sarana kendaraan pengangkut sampah karena selama ini kita mengandalkan swakelola bersama masyarakat saling membantu. Pungkasnya. ( Ade/ Rizky )

About admin

Check Also

Milangkala ke 7 Satlatsus Ulot dan Halal Bihalal Ulot-RMP Rekatkan Kekeluargaan

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com- Milangkala Tarung Derajat Satuan Latihan Khusus Usia Kolot (Satlatsus Ulot) Kota Tasikmalaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *