Home / Berita Jabar / Cerita Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Lokasi TPS Terpencil di Cipatujah

Cerita Distribusi Logistik Pemilu 2024 ke Lokasi TPS Terpencil di Cipatujah

Kabupaten Tasikmalaya, faktualjabar.com-Perjuangan mengirim logistik pemilu ke daerah terpencil masih dilakukan petugas gabungan sampai detik akhir menjelang hari Pemungutan dan Perhitungan Suara Rabu esok (14/2/24). Medan yang berat memaksa petugas gabungan TNI, POLRI, Linmas, KPPS dan Pengawas TPS lewati jalanan rusak hingga lintasi sungai untuk tiba di Tempat Pemungutan Suara.

Seperti yang dilakukan petugas di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat Selasa (13/4/24). Petugas harus melintasi Sungai Cipangukusan agar bisa mengirim logistik pemilu menuju TPS 7 Kampung Balimbing, Desa Pametingan, Cipatujah.

“Kami kepolisian, TNI, Petugas PPS, KPPS Linmas sampai Pengawas TPS bekerja keras agar logistik pemilu sampai di TPS tepat waktu. Kita lintasi jalan rusak sampai sungai yang lebar,” kata AKP Tono Suherman, Kapolsek Cipatujah pada detikjabar, Selasa (13/2/24).

Uniknya, karena tidak bisa masuk kendaraan roda empat, logsitik pemilu dibawa gunakan ojek palang. Ojek tradisional warga sekitar yang dilengkapi palang kayu dan bambu di bagian pinggir sepeda motor.

Logistik Pemilu mulai kotak suara, surat suara hingga kelengkapan lainya diangkut gunakan ojek palang. Agar tidak kotor dan terciprat air, logistik dibungkus plastik. Bukan perkara mudah melintasi sungai dengan ojek palang. Tak hanya jarak pandang pengendaranya terhambat, kendaraan menjadi sulit dikemudikan karena beban muatan banyak.

Petugas harus pelan pelan mendorong ojek palang agar tidak terjatuh disungai.

“Ya gunakan ojek palang, kan gak masuk mobil. Jadi pakai ojek palng yang mahir tentunya. Diperjalanan kami kawal logistik ini,” kata Tono.

Tak kalah kerasnya perjuangan mengirim logistik pemilu menuju TPS 17,18,19 dan 20 Kampung Cisangar, Desa Ciheras, Kecamatan Cipatujah. Jalan yang terjal dengan sisi kiri kanan jurang menyulitkan kendaraan roda empat melintas.

Bahkan, bak terbuka pengangkut logistik pemilu harus slip di tengah tanjakan. Beruntung kendaraan tidak terjun bebas masuk jurang.

Logistik pemilu akhirnya diangkut petugas Kepolisian, TNI, Linmas dan PPS.

“Jadi medan sulit jalanya, maka kendaraan slip harus didorong. Sebagian logistik terpaksa diturunkan oleh kami diangkut dipikul sampai TPS,” ucap Tono.

Kebahagiaan petugas akhirnya tiba saat logistik pemilu tiba di TPS dengan selamat.

“Alhamdulillah semua logistik pemilu sampai di TPS. Masyarakat besok bisa berikan hak suaranya. Kamipun senang lelah terbayar sudah. Padahal jarak ke dua TPS itu antara 60 Kilometer sampai 70 dari Kecamatan,” pungkasnya.(***)

About admin

Check Also

RLPPD 2023 Kabupaten Tasikmalaya, Capaian Kinerja Makro Alami Peningkatan

Tasikzone.com – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya merampungkan Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) 2023. RLPDD ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *