Home / Berita Jabar / Hadiri Pembinaan UPZ Langensari, Wali Kota, Optimalisasi Pengelolaan Zakat Hingga Level Desa

Hadiri Pembinaan UPZ Langensari, Wali Kota, Optimalisasi Pengelolaan Zakat Hingga Level Desa

Banjar, faktualjabar.com- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Banjar menggelar pembinaan kepada Pengurus Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kecamatan Langensari serta Pembinaan kepada 60 Penerima Bantuan Modal usaha kecil yang dilaksanakan di aula Desa Langensari Kecamatan Langensari Kota Banjar, Rabu, (03/11/2021)

Kegiatan yang dihadiri secara langsung oleh Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si,. juga dihadiri oleh Wakil Ketua Baznas Kota Banjar, Camat Langensari, Kades dan Lurah se-Kecamatan Langensari, serta seluruh Anggota Baznas Kota Banjar.

Wali Kota Banjar menyampaikan, Pembentukan UPZ ini sebagai langkah pengoptimalan tugas Baznas dalam pengumpulan zakat di lingkungan masyarakat mulai dari tungkat Kota, Kecamatan hingga tingkat Desa/Kelurahan. Unit ini juga sangat diperlukan dalam mewujudkan administrasi dan pelaporan yang lebih tertib dan transparan.
Baznas merupakan sebuah lembaga yang berkewajiban melakukan pengelolaan zakat yang nantinya akan melakukan pendistribusian zakat kepada mustahik sesuai dengan syariat Islam. Pendistribusian dilakukan berdasarkan skala prioritas dengan memperhatikan prinsip pemerataan, keadilan, dan kewilayahan. Zakat dapat didayagunakan untuk usaha produktif dalam rangka penanganan fakir miskin dan peningkatan kualitas umat.

“Saya yakin jika seluruh aghnia di Kota Banjar melakukan pembayaran zakat melalui Baznas dan UPZ yang telah dibentuk, maka zakat tersebut akan dikelola dengan baik dan akan dislurkan kepada saudara-saudara kita yang benar-benar membutuhkan. Pengelolaan zakat yang baik sangat membantu pemerintah dalam upaya mengurangi angka kemiskinan di Kota Banjar”jelasnya.

Wali kota juga mengingatkan kepada penerima bantuan modal usaha kecil agar menggunakan bantuan tersebut sebagai modal usaha. Pandemi yang melanda, sangat berpengaruh kepada usaha kecil masyarakat, untuk itu dengan adanya bantuan modal usaha ini diharapkan dapat membatu geliat usaha pelaku usaha kecil di Kota Banjar.

“Gunakan sebaik-baiknya bantuan ini untuk membantu usaha bapak dan ibu semua. Semoga bantuan ini menjadi motivasi para pelaku usaha kecil agar bisa bertahan dan bangkit di tengah pandemi,” pungkas wali kota.(Wan)

About admin

Check Also

Ekonomi Syariah Diterapkan, Mengentaskan Kemiskinan

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com-Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H Agus Wahyudin melakukan reses bersama pengurus PAC …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *