Home / Berita Jabar / Harga Beras Terus Merangkak Naik, Satgas Pangan Kab Tasik Lakukan Sidak

Harga Beras Terus Merangkak Naik, Satgas Pangan Kab Tasik Lakukan Sidak

Kabupaten Tasikmalaya, faktualjabar.com-Satuan Tugas Pangan Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Singaparna toko modern Rabu 21 Februari 2024. Dalam sidak tersebut ditemukan harga pada beras naik hinga Rp 17000 setiap satu kilogramnya. Sedangkan untuk penyebab naiknya harga beras dipasar karena susuh didapatkan.

Kasat Reskirm Polres Tasikmalaya, AKP Ridwan Budiarta mengatakan, satgas pangan sengaja melakukan sidak guna memastikan harga dan stok beras di pasaran. Hasilny ditemukan ada kenaikan pada beras tersebut. “Untuk harga mulai dari Rp 16.000 setiap satu kilogramnya,” katanya saat ditemui di lokasi Rabu 21 Februari 2024.

Hasil pengecekan, bahwa untuk stok memang masih dalam kondisi aman. Namun harga cenderung naik pada harga beras kualitas premium dan medium Rp 300 dari harga biasnaya. “Stok masih aman, harga naik namun tidak signifikan,” kata Ridwan.

Ridwan menjelaskan, hingga saat ini belum bisa dipastikan apa yang menjadi penyebab kenaikan tersebut. “Nah itu masih terus kita dalami, bahkan akan kita telusuri dimana letak permaslahan yang menjadi kenikan itu,” jelas dia.

Sementara Pedagang beras di Pasar Singaparna Tasikmalaya, Kokom (45) menyebut, harga beras yang di jualnya itu Rp 16.000-17.000 tergantung kualitas beras. “Paling murah Rp 16000, tidak ada yang murah pa,” kata dia.

Menurut dia, kenaikan harga beras tersebut terkadi karena stok beras susah di dapatkan. Sehingga berimbas kepada harga yang meningkat. “Barnagnya susah pa, meski saya ini beras lokal dari daerah cigalontang,” kata dia.

Stok tersebut tidak ada karean, saat ini belum ada sawah yang panen. Maka stok beras naik. “Aoalagi kan saat ini harga gabah padi kan mencapai Rp 8000-9000 setiap satu kilogramnya,” pungkasnya.(**)

About admin

Check Also

RLPPD 2023 Kabupaten Tasikmalaya, Capaian Kinerja Makro Alami Peningkatan

Tasikzone.com – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya merampungkan Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) 2023. RLPDD ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *