Wednesday , September 22 2021
Home / Berita Nasional / Jokowi Terus Upayakan Pemberian Sertifikat Tanah Di Seluruh Indonesia

Jokowi Terus Upayakan Pemberian Sertifikat Tanah Di Seluruh Indonesia

Kalimantan Selatan, faktualjabar.com – 2500 Sertifikat hak atas tanah kepada penerima di pronisi Kalimantan Selatan diserahkan secara resmi Presiden Joko Widodo jumat, (12/09/2017) di gedung sultan suryansyah Banjarmasin

President Joko Widodo dalam sambutanya memastikan Pemerintah akan terus berupaya untuk pemerian Sertifikat tanah kepada lebih banyak lagi masyarakat. Tidak di Kalimatan Selatan saja akan tetapi masyarakat seluruh Indonesia.

Di Kalsel terdapat kurang lebih 2 juta bidangbtanah yang semestinya memiliki sertifikat Hak Tanah. Baru 770 ribu yang memiliki pengakuan. Oleh karenanya, Kepala Negara telah memerintahkan jajaran terkait untuk mempercepat pemberian sertifikat tanah.

“Perlu saya sampaikan bahwa di seluruh Indonesia memang masih banyak yang harus dikejar. Totalnya ada 126 juta bidang, yang bersertifikat baru 46 juta bidang. Dulu di Kalimantan Selatan setiap tahun kurang lebih hanya 6 ribu sertifikat yang sudah keluar. Saya minta ke Pak Menteri tahun ini target kita 140 ribu di sini harus keluar sertifikat,”tegas Jokowi.

Target yang tinggi tersebut memang ditetapkan pemerintah untuk mampu mengejar ketertinggalan. Selain itu, menurut Presiden, banyak sengketa lahan yang terjadi karena disebabkan tidak adanya kepemilikan sertifikat ini.

“Kalau tidak pegang yang namanya sertifikat, isinya sengketa. Sengketa dengan tetangga, individu dengan individu, masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan perusahaan, masyarakat dengan pemerintah karena belum pegang sertifikat. Sertifikat ini adalah tanda bukti hak hukum atas tanah yang Bapak/Ibu miliki,” ucapnya.

Lanjut Presiden, mengingatkan kepada masyarakat yang telah menerima sertifikat tersebut. Jokowi meminta agar sertifikat tersebut dapat dipergunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan keluarga dengan tetap melakukan kalkulasi terlebih dahulu.

“Kalau mau pinjam uang ke bank tolong dihitung. Bisa mengangsur tidak setiap bulan? Kalau tidak sertifikat bisa hilang,” tuturnya.(dian)

About admin

Check Also

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto Saksikan Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan

Kabupaten Tasikmalaya, faktualjabar.com- Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mendampingi Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin pada kunjungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *