Home / Berita Jabar / KAWALI Minta Aktivitas Tambang Emas di Karangjaya Ditangguhkan

KAWALI Minta Aktivitas Tambang Emas di Karangjaya Ditangguhkan

Kabupaten Tasikmalaya, faktualjabar.com-Sejumlah aktivis lingkungan yang tergabung dalam wadah (Kawal Wahana Lingkungan – Kawali ) melakukan peninjauan lokasi yang dijadikan tempat penambangan emas rakyat di kawasan perhutani BKPH Tasikmalaya yang sampai saat ini masih tetap beroperasi yang beradi kawasan Blok 27 Kecamatan Karangjaya, kamis (3/6/2021).

Perwakilan Koalisi Kawali Indonesia Lestari Dwi Nanto menyampaikan kunjungan Kawali ini berdasarkan hasil audensi sebelumnya pada hari kamis (20/5/2021) di aula Kantor Perum Perhutani KPH Tasikmalaya.

” hari ini melakukan peninjauan bersama muspika Karangjaya – Cineam dan instansi terkait, diantaranya, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya untuk menganalisa kajian lapangan ke lokasi yang selama ini di jadikan kegiatan penambangan emas rakyat di kawasan perhutani RPH Cineam” ungkapnya melalu pers rilis yang diterima oleh faktualjabar.com.

Lanjutnya, lokasi tambang emas rakyat tersebut ada di beberapa titik di dalam kawasan hutan KPH Perhutani RPH Cineam tepatnya di Blok 27 Kecamatan Karangjaya Kabupaten Tasikmalaya.

“Ternyata memang ada kegiatan ini, dan kegiatan ini tanpa adanya keselamatan untuk para pengalinya sendiri itu tidak di pikirkan oleh mereka, dan otomatis itu sangat berbahaya sekali. Sebenarnya kedatangan kami kesini sebagai bentuk rasa sangat prihatin ketika melihat hal seperti ini” herannya.

Selain itu, apa yang diharapkan dan usulkan untuk moratorium serta rehabilitasi itu bisa dilakukan. Karena ketika dilakukan survey kelapangan di satu titik dari beberapa titik yang dituju.

“kita harus tau dampak dari kegiatan ini bukan hanya disini, tetapi kandungan kimia dari kegiatan tersebut kita tidak kontrol kemana aliran tersebut dan yang kedua, ada beberapa lubang yang dalam nya itu sampai mana, karena disini itu rawan bencana” pungkasnya.(ib)

About admin

Check Also

RLPPD 2023 Kabupaten Tasikmalaya, Capaian Kinerja Makro Alami Peningkatan

Tasikzone.com – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya merampungkan Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) 2023. RLPDD ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *