Infonya Jawa barat
Home / Berita Jabar / Kelompok Tani Porang Kec. Mangunjaya Terkendala Permodalan Bibit dan Pupuk

Kelompok Tani Porang Kec. Mangunjaya Terkendala Permodalan Bibit dan Pupuk

Pangandaran, Faktualajabar.com – Pemerintahan Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya bekerja sama dengan Yayasan Bina Karya Negeri dibantu oleh Media Online Faktualjabar.com mengelar sosialisasi se – Kecamatan Mangunjaya, di Aula Desa Sindangjaya, Kamis (02/09/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Desa Sindangjaya Totong beserta perangkat desa, Perwakilan para Ketua Kelompok Tani Porang se – Kecamatan Mangunjaya, dan perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemuda Pancasila PAC Mangunjaya.

“Perlu diketahui bersama bahwa porang adalah salah satu jenis tanaman iles-iles yang tubuh dalam hutan yang merupakan tumbuhan semak (herba) yang berumbi di dalam tanah. Umbi porang berpotensi memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena mengandung glukomanan yang baik untuk kesehatan dan dapat dengan mudah diolah menjadi bahan pangan untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari”, ungkap Mumu Kostaman Perwakilan dari Yayasan Bina Karya Negeri.

Sementara Totong menuturkan kepada para petani khususnya kelompok tani porang Desa Sindangjaya, terkait lahan dirinya sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa Sindangjaya, bahwa Pemdes berkomitmen untuk mendorong program baik ini terlebih ketersediaan lahan tanah desa seluar 17 Hektar, masyarakat desa dan lembaga Karang Taruna Desa sangat siap sekali menjalankan program baik ini. Belum ditambah lahan dari kelompok tani di 5 Desa Kecamatan Mangunjaya, diperkirakan lahan leboh dari 25 Hektar, ungkapnya.

“Tinggal sekarang kami selaku pemdes yang mewakili para kelompok tani porang dan karang taruna desa, memikirkan akan permodalan. Sebelumnya juga sudah mengajukan permohonan ke perbankan, namun hingga sekarang tidak ada kelanjutnya”, tandasnya.

Banyaknya petani yang ikut bergabung di kelompok tani porang dengan potensi Sumber Daya Alam berupa lahan yang tersedia tidak tergarap, terkendala finansial, bibit, pupuk, biaya operasional dan pemasaran tentu menjadi permasalahan yang harus dipikirkan bersama – sama.

Kalaupun sudah ada wacana bantuan permodalan dari pihak perbankan yang bekerjasama dengan eksportir, yang katanya sudah ada kesepakatan namun tidak semua terakomodir, tandasnya.

Sementara Hendris perwakilan dari Media Online Faktualjabar kontibutor Kabupaten Pangandaran, menyampaikan beberapa hal terkait Permasalan ada, Potensi ada, SDA ada dan SDM ada, tidak semuanya difasilitasi. Maka hal ini selaku perwakilan dari Faktualjabar hadir memberikan solusi dan siap memfasilitasi beberapa petani yang belum terakomodir dengan menggandeng Yayasan Bina Karya Negeri guna membantu keluhan – keluhan para petani porang di Kecamatan Mangunjaya, untuk mendorong para investor, pungkasnya. (driez)

About admin

Check Also

Milangkala ke 7 Satlatsus Ulot dan Halal Bihalal Ulot-RMP Rekatkan Kekeluargaan

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com- Milangkala Tarung Derajat Satuan Latihan Khusus Usia Kolot (Satlatsus Ulot) Kota Tasikmalaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *