Infonya Jawa barat
Home / Berita Nasional / LKTD Program Kerja Tahunan Ormawa Fikkes Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

LKTD Program Kerja Tahunan Ormawa Fikkes Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com – Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD 2024) merupakan tahap awal pengkaderan yang diselenggarakan oleh empat Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (S1 Ilmu Keperawatan, D3 Keperawatan, S1 Kebidanan, D3 Kebidanan) berada di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya yang diselenggarakan 24 s.d 25 Mei 2024.

Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD 2024) ini merupakan program kerja tahunan dengan tujuan untuk mendapatkan pemimpin yang baik dimasa sekarang dan yang akan datang.

 

Hal ini disampaikan Ketua Pelaksana kegiatan Muhammad Iqbal Fajar Setiawan, dirinya memaparkan Perlu adanya kaderisasi kepemimpinan yang berkualitas sehingga dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang mampu mempertanggungjawabkan apa yang dipimpinnya.

 

” Dan mampu membawa Negara menjadi Negara yang maju dan madani yaitu Negara yang terhindar dari korupsi, kolusi, dan nepotisme” bebernya.

 

Lanjut Ia, peserta LKTD ini berjumlah 233 dan yang tidak mengikuti kegiatan sebanyak 7 orang.

 

Pada saat kegiatan LKTD 2024 bertempat di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya dengan diisi dengan kegiatan keterampilan di bidang kepemimpinan dengan dibungkus dengan games yang menyongsong hal tersebut. Dan materi – materi yaitu :

1. Perumusan Gagasan Awal Organisasi oleh Ns. Mardiana Mochamad Ramdan, S.Kep.,M.H

2. Penjabaran Rencana Kerja & Kepanitiaan oleh Sri Susilawati,M.Keb

3. Administrasi Kesekretariatan dan Keuangan oleh Fitri Nurlina, M.Kep

4. Pengendalian Motivasi Organisasi oleh Neni Sholihat, M. Psi

5. Leadership dan Managing Organizing oleh Asep Setiawan, M.Kep

6. SWOT & Apreciative Inquiry oleh Fakhri Adi Aminudien,M.Ikom

7. Pengembangan Program Kerja Organisasi oleh Wildan Auli,S.Agr.

 

Dalam kegiatan tersebut juga ditopang penilaian peserta dengan pre test, post test dan penilaian kelompok, individu dan prodi dengan aspek sebagai berikut:

1. Kognitif

2. Apektif

3. Psikomotorik

4. Keagamaan

 

Iqbal pun menerangkan, Hal tersebut menjadi tolak ukur dalam menentukan keberhasilan acara terhadap peserta serta esensi substansi kaderisasi yang jelas dengan pendataan setiap orangnya oleh mentor masing masing kelompok.

 

” Kegiatan ini ditopang oleh pendekatan pedagogik dengan dua arah karena melihat peserta zaman sekarang banyak dan tertarik dengan pendekatan emosional dan acara nonforma ” terang Iqbal.

 

Dengan kegiatan tersebut terealisasinya kepedulian dan ditopang esensi esensi substansi kegiatan diakhiri dengan pentas seni perwakilan kelompoknya sesuai keahlian masing – masing yang ada disetiap kelompoknya itu menjadi acara kegiatan untuk melampiaskan keahlian peserta dalam hal non akademik. Jadi, Peserta LKTD 2024 kurang lebih 95 % itu sudah berhasil dalam mencapai tujuan kegiatan ini yaitu :

1. Mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab, sikap mandiri, dan jiwa kepemimpinan.

2. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengembangkan kemampuannya untuk berpikir secara ilmiah dalam praktek berorganisasi.

3. Menarik minat Mahasiswa dalam berorganisasi, dan mempersiapkan regenerasi Organisasi Mahasiswa selanjutnya.

4. Mahasiswa mampu mengemukakan pendapat di umum berfikir kritis dalam menghadapi persoalan untuk menemukan Solusi.

 

Menurut Ketua Pelaksana Muhammad Iqbal Fajar Setiawan mengatakan dalam sebuah organisasi, kaderisasi merupakan salah satu kerja inti.

 

” Proses kaderisasi bertujuan menghasilkan kader yang memiliki kecakapan kader sehingga terbentuk pribadi dan kualitas yang unggul. Kaderisasi dan manajeman SDM merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Agar Kaderisasi suatu organisasi berjalan optimal, dibutuhkan ketrampilan manajemen SDM yang baik pula” kata Iqbal.

 

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan Muhamad Latif Mubaroq, Ketua Himpunan Mahasiswa S1 Kebidanan Ananda Vedya, Ketua Himpunan Mahasiswa D3 Keperawatan Diva Anggara, Ketua Himpunan Mahasiswa D3 Kebidanan Syifa Abuntina mendukung kaderisasi dan perlu adanya keselarasan kepemimpinan yang militant dan interaktif.

 

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Pak Asep Setiawan M.Kep menyetujui adanya kader militansi dengan kedisiplinan kehidupan kampus dan juga berstatement pentingnya untuk calon perawat kedepannya.

 

Ketua Prodi S1 Keperawatan Ibu Yuyun Solihatin M.Kep, Ketua Prodi D3 Keperawatan Ibu Sri Mulyanti, M.Kep, Ketua Prodi D3 Keperawatan Ibu Tatu Septiani M.Keb, Ketua Prodi S1 Kebidanan Meti Fatimah M.Keb turut mendukung acara ini dengan memberikan wejangan dan dukungan secara moril ataupun moral memperhatikan kaderisasi sangat penting untuk setiap prodinya untuk menunjang akademis mahasiswa fakultas ilmu kesehatan.

 

Pihak Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya ikut mendukung sebagai penyedia sarana dan moril terhadap berlangsungnya acara ini karena acara kaderisasi ini sesuai tujuan bersama kaderisasi untuk mahasiswa universitas muhammadiyah tasikmalaya.

Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD 2024) ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 25 – 26 Mei 2024 bertempat di Graha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

About admin

Check Also

H.M. Yusuf Sambangi PUI Kota Tasikmalaya, Ada Apa?

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com-Drs H Muhammad Yusuf melakukan silaturahmi ke Persatuan Ummat Islam (PUI) Kota Tasikmalaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *