Infonya Jawa barat
Home / Berita Nasional / Polres Tasikmalaya Terima Penghargaan dari Internasional Animal Rescue

Polres Tasikmalaya Terima Penghargaan dari Internasional Animal Rescue

Kabupaten Tasikmalaya, faktualjabar.com-Ungkap kasus penyiksaan monyet, Polres Tasikmalaya, Jawa Barat menerima piagam penghargaan dari International Animal Rescue (IAR) Selasa (6/6/23). Kepolisian Resort Tasikmalaya menjalankan proses penyelidikan dan penyidikan dengan profesional. Alhasil, terdakwa kasus penyiksaan monyet untuk konten ini divonis setimpal.

“Bagi kami, ini menjadi contoh, bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia, karena kasus penyiksaan satwa terjadi di seluruh dunia. Terlebih, tidak semua negara dan tidak semua tempat punya perhatian terhadap isu kasus penyiksaan hewan. Nah kami apresiasi Polres Tasikmalaya telah profesional menindak kasus ini,” kata Dr Karmele Llano Sánchez selaku Direktur Program IAR di Mapolres Tasikmalaya, Selasa (6/6/23).

Kepolisian Resort Tasikmalaya selalu berkomitmen untuk menangani kasus kekerasan terhadap binatang, apalagi yang dilindungi. Meskipun, angka kasus penyiksaan satwa tidak banyak jumlahnya.

“Alhamdulillah, teman-teman kita dari International Animal Rescue (IAR) memberikan apresiasi yang besar terhadap penanganan yang ditangani Polres Tasikmalaya. Memang kalau untuk satwa-satwa liar, terutama yang dilindugi itu dari pihak kepolisian, baik itu Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sampai ke tingkat Polres juga tetap melakukan penindakan kalau ada kekerasan,” kata AKBP Suhardi Hery Haryanto, Kapolres Tasikmalaya di kantornya.

Sebelumnya, Asep Yadi Nurul Hikmah, lelaki sadis asal Tasikmalaya. Ia tega menganiaya bayi monyet sembari merekamnya. Asep memang bejat. Pada 15 Desember 2022, Asep menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri (PN) Tasikmalaya. Majelis hakim memvonis Asep penjara tiga tahun. Ia terbukti bersalah dalam kasus penyiksaan bayi monyet.

Kasus penyiksaan hewan yang dilakukan Asep itu gempar di jagat maya. Menuai banyak kecaman. Kala itu, kasusnya terungkap usai video penyiksaannya terhadap bayi monyet di Tasikmalaya mencuat di salah satu kanal YouTube. Tayangan video yang menampilkan adegan sadis itu beredar di jagat maya pada September tahun lalu.(**)

About admin

Check Also

Database Karang Taruna Sebagai Arah Kerja Organisasi

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com- Karang Taruna Kota Tasikmalaya melakukan kegiatan halal bihalal dan sosialisasi pendataan karang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *