Home / Berita Jabar / WCD Kolaborasi Komunitas Dan Pemerintah Untuk Kepedulian Lingkungan

WCD Kolaborasi Komunitas Dan Pemerintah Untuk Kepedulian Lingkungan

Pangandaran, Faktualjabar.com – 21 September diperringati sebagai hari kebersihan dunia atau kita sebut World Cleanup Day (WCD). Kegiatan ini merupakan meembersihan sampah dimulai dilingkungan sekitar danndilakukan secara serentak diberbagai daerah bahkan diberbagai manca negara.

Tak terkecuali di Kabupaten Pangandaran sendiri, yang di prakarsai oleh Yayasan Pangandaran Juara Indonesia (YPJI), dengan melibatkan 15 Komunitas dari berbagai pencinta hobi otomotif hingga penggiat  lingkungan, tak lupa juga YPJI juga menggandeng media partner dari Faktualjabar.com, Kicau Grup, dan Lintas Pena dan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pangandaran, Pegadaian, Bank Sampah Induk (BSI) Sahate Pangandaran, dan P3B.

Gerakan aksi bersih-bersih ini bertujuan menyatukan dari berbagai kalangan dan latar belakang serta kolaborasi antara berbagai komunitas, pemerintah, lembaga, dan lain-lain untuk sama-sama membersihkan  sampah di Pantai Batu Karas, Minggu (19/09/2021).

Selain itu juga Rian Hidayat selaku Ketua YPJI menuturkan “bahwa ajang kegiatan ini juga bertujuan mempersatukan berbagai latar budaya, suku, ras, dan agama dengan satu tujuan sosial kemasyarakatan dan kepedulian akan lingkungan sesama terutama permasalahan sampah serta memupuk nilai – nilai luhur budaya cinta kasih terhadap masa depan bumi”, ungkapnya.

Sementara H. Ai Sarif Hidayat Direktur Bank Sampah Induk (BSI) Sahate Kabupaten Pangandaran, berharap tujuan ajang kegiatan WCD ini tidak hanya ceremonial tahunan saja, tetapi harus bisa diaplikasikan dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari – hari tentu dengan asrinya lingkungan sekitar, akan menjadi sehat dan nyaman bagi hunian kita, pungkasnya. (**)

About admin

Check Also

Ini Harapan DPRD Kota Tasikmalaya di Hari Jadi Ke 20

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com- DPRD Kota Tasikmalaya mengadakan Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya dengan agenda Hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *