Home / Wisata & Kuliner / Wisata Alam Cireong Bisa Jadi Pilihan Liburan Natal dan Tahun Baru

Wisata Alam Cireong Bisa Jadi Pilihan Liburan Natal dan Tahun Baru

Kabupaten Ciamis, FaktualJabar.com – Keindahan alam adalah anugerah yang menumbuhkan penghargaan dan rasa syukur, pribahasa yang tepat untuk masyarakat Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis, sebab dengan adanya destinasi wisata yang berada di wilayahnya.

Menjelang liburan Natal dan tahun baru tahun 2023 objek wisata Cireong Gunung bisa menjadi opsi untuk masyarakat yang ingin berlibur dan menikmati keindahan alam.

Nama Cireong Gunung juga diambil dari letak geografisnya yang berada tidak jauh dari kaki Gunung Sawal, tempat wisata ini juga merupakan aliran air yang bersumber langsung dari Gunung Sawal.

Destinasi wisata ini juga diterbitkan oleh Pemerintahan desa setempat pada tahun 2016, meski jauh dari peresmian nya juga, tempat wisata ini sudah ramai memikat para wisatawan lokal, yang mana dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan para pelaku UMKM.

“Iya alhamdulillah, dengan adanya wisata cireong, masyarakat bisa membuka usaha yang pada awalnya mereka merantau diluar. Dengan adanya wisata, masyarakat bisa membuka warung, membuka lapak-lapak warung, salah satu diantaranya adalah liwet, jadi mereka tidak usah merantau dan memang itu tujuan pemerintah desa.” Ujar Nono selaku Sekdes Desa Sukaresik, Kamis(28/12/2023)

Untuk pengelolaannya juga pihak Pemerintah Desa memandatkan ke BUMDes, yang kemudian BUMDes membentuk Manager Unit Usaha Wisata, kemudian hasil dari usaha BUMDes tersebut, baru kontribusi ke Desa.

“Harapannya mudah-mudahan kami bisa meningkatkan fasilitas disana biar lebih memanjakan pengunjung, lebih maju, dan para wisatawan lokal yang akan menuju ke Pangandaran pasti mampir kesini, karena sudah masuk juga di Youtube dan Google, jadi sudah pada tahu dan promosinya itu dari mulut ke mulut, membaca dari medsos.” Harapannya.

Selain itu, para pihak pengelola juga sangat mengharapkan akan adanya pengembangan fasilitas dan mendapat perhatian khusus dari dinas-dinas terkait untuk peningkatan infrastruktur sehingga lebih memudahkan akses untuk para wisatawan.

“Harapan kedepannya tetap saya meminta perhatian dari tiap-tiap dinas terkait, seperti untuk fasilitas, pembinaan dari dinas-dinas terkait. Untuk pengembangan fasilitas, akses jalan, itu sudah jelas karena ini adalah wisata yang berbasis masyarakat bukan swasta, karena ini benar-benar dikelola oleh desa.” Harap Abah Cireong selaku Manajer Unit Usaha.(Den A)

About Redaksi Faktualjabar

Check Also

Bumi Ambu Semakin Banyak Dikunjungi Dan Asik Buat Nongkrong Kaula Muda

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com-drg. Amila Yashni, MMRS dan Muhammad Al Khawarizmi, S.T, MM. sebagai pengelola Bumi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *