Infonya Jawa barat
Home / Berita Jabar / Selenggarakan Pelatihan Jaringan Internet dan K3, BUMDES Panca Mandala Menjadi Center Of Excelent

Selenggarakan Pelatihan Jaringan Internet dan K3, BUMDES Panca Mandala Menjadi Center Of Excelent

Kabupaten Tasikmalaya, faktualjabar.com-Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik (BUM) Desa dan BUM Desa Bersama, Badan Aksestabilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo bekerjasama dengan PT BUM Desa Panca Mandala mengadakan pelatihan internet serta Keselamatan dak Kesehatan Kerja 26 s.d 1 Oktober 2022.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di BUM Desa Bersama Panca Mandala Kp. Cinunjang RT 003 RW 001 Desa Mandalamekar Kec. Jatiwaras Kab. Tasikmalaya.

Dalam Kesempatan itu Direktur PT BUM Desa Panca Mandala Irman Meilandi mengatakan pelatihan ini menjadi tonggak sejarah bagaimana desa, BUMDES, dan masyarakat bisa menyelenggarakan tenaga teknis dalam menyelesaikan telekomunikasi.

“Hal ini membuktikan bahwa Bumdesa Bersama Panca Mandala telah mampu menjadi mitra dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat professional di level nasional” kata Irman kepada awak media saat pembukaan pelatihan, senin (26/9/2022)

Lanjut Irman,BUM Desa Bersama Panca mandala merupakan kelembagaan yang dibentuk Kawasan Kerjasama dari 5 Desa membentuk badan hukum BUM Desa Bersama berdasarkan yang sudah bersertifikat Kementerian Hukum dan Ham. 

“Kemudian mendirikan Badan Usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas yang bernama PT. BUMDES PANCA MANDALA” jelasnya.

Program pelatihan jaringan internet serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dilaksanakan oleh Bakti Kominfo. Irman menyebut sasaran program ini adalah mencetak sumber daya manusia Bumdes yang telah dan menjadi bagian dari program kemitraan Bumdes di dalam memahami jaringan internet serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) secara efektif dan efisien.

“Sehingga usaha layanan internet oleh Bumdes bisa menguntungkan dan berkelanjutan total peserta 34 orang yang akan mendapatkan pelatihan intensif selama selama 6 (enam) hari yang dibagi menjadi 48 jam pelajaran atau 8 JP per hari secara offline” bebernya.

Adapun kerjasama Kominfo dalam hal ini BAKTI dan Kementerian Desa memfasilitasi peserta untuk mendapatkan Sertifikasi Instalasi dan Aktivasi Standar Kompetensi Keja Nasional Indonesia (SKKNI). Ini salah satu upaya mendorong bagaimana sumber daya manusia di desa bisa berdaya dan bersertifikasi.

“Salah satu tujuan kegiatan ini adalah agar masyarakat desa terutama generasi muda dapat menyelesaikan konektivitas, trouble shooting, mengembangkan jaringan untuk tujuan usaha dil dimana internet bisa jadi unit usaha BUM Desa atau BUM Desa Bersama yang memiliki berpotensi besar” Bebernya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis TIK I BAKTI Kominfo Guntur Prayudi mengatakan BAKTI bekerjasama dengan Kemendes untuk bisa mengoptimalkan kegiatan Bumdes/ Bumdesma secara mandiri.

” Jadi kami memiliki tujuan supaya pembangunan SDM dilakukan kembali oleh Bumdes/ Bumdesma, nah disini kami menyatakan Bumdesma Panca Mandala center of excelent” jelasnya.

Bumdesma Panca Mandala selain menjadi contoh, Guntur menerangkan bisa menjadi tempat pelatihan dari semua Bumdesma yang ada di pulau jawa.

“Dari segi infrastruktur Bumdesma Panca Mandala sudah memiliki infrastruktur yang sudah terbangun, kemudian Infastuktur TIK sudah baik, ada gedung BLK, ruangan untuk kursus dan pelatihan, call center, serta memiliki akses internet yang mencukupi” pungkasnya.(ib)

About admin

Check Also

Berawal #biasainpagi menjadi #tasikberlari

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com- Sabtu yang cerah di pagi hari, beberapa kelompok pelari berkumpul di Cafe …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *