Home / Berita Jabar / Bangkitkan Semangat Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Melalui Bimbingan Konseling

Bangkitkan Semangat Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Melalui Bimbingan Konseling

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com – Setelah dua tahun off sekolah karena Pandemi covid-19 berdampak kepada dunia pendidikan sehingga mengalami banyak perubahan yang signifikan terhadap psikologis peserta didik dan itu menjadi tantangan bagi para pengajar.

Dalam kesempatan itu, Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XII, Provinsi Jawa Barat, Dr. Abur Mustikawanto, M. Ed., menjelaskan tantangan kedepan sebetulnya cuma satu, karena sudah dua tahun off school.

“Karena daring terus, kita belum during, dengan harapan tahun depan sudah ada luring, pertama itu adalah masalah psikologis dan psikis anak” kata Abur kepada awak media, Jum’at (26/11/2021) di salah satu hotel yang berada di bilangan Jl. Hz Mustofa.

Lanjutnya, seperti contoh, di salah satu sekolah di Kota Tasikmalaya, saat melaksanakan uji coba ujian. mereka (peserta didik-red) gugup dan sudah dapat di prediksikan pasti nanti hasilnya kurang bagus.

“Jadi takut, deg-degan karena belum pernah ketemu guru. Nah, upaya kita adalah merangkul MGMP BK (Bimbingan Konseling) untuk memberikan pengarahan secara psikis, bahwa kalian harus semangat belajar”jelasnya.

Kemudian, waktu dua tahun pandemi untuk anak bukan main-main dan itu tantangannya sangat luar biasa.

Oleh karena itu, kegiatan yang juga nanti akan diupayakan tantangan di tahun 2022 adalah memberikan motivasi-motivasi kepada anak didik.

“Jadi nanti tidak transfer ilmu dulu, jadikan ada guru misalnya jangan ngajar terus, pokoknya materinya selesai begitu, jangan gak boleh begitu”ucapnya.

“Jadi harus digalang dulu oleh temen-temen dari guru bimbingan konseling, lebih dulukan itunya membangkitkan motivasi itu yang paling utama”sambungnya.

Lalu, kata dia, setelah itu baru bisa di berikan konten yang bersifat kompetensi. Sedangkan, untuk peningkatan kualitas staff pengajar merupakan tanggung jawab kepada sekolah dan pengawas.

“Makanya kita kumpulkan disini dalam rangka hal itu, ini adalah salah satu upaya kita untuk meminimalisir faktor psikis yang tidak diharapkan di tahun depan”pungkasnya.(ib)

About admin

Check Also

Wakil Ketua DPW PPP Jabar Optimis PPP Kembali Ke Masa Keemasan di 2024

Kota Tasikmalaya, faktualjabar.com- Agus Wahyudin mewakili Ketua DPW PPP Jabar Dalam Rangka penyerahan wakaf Al-Quran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *